Belajar Musik Bagai Proyek Candi

Source : youtube.com/simplicitylost2

Oh hoo ho ho ho hoo
Oh hoo ho ho hoo ho ho hoo

Alunan biola mendengung ke seluruh ruangan. Setiap mendengarkan lagu ini saya teringat masa pagelaran di SMA. Pagelaran selalu diadakan setiap tahun sebagai bentuk persembahan sekaligus perpisahan dari adik-adik kelas 1 untuk kakak-kakak kelas 3. Saat angkatan kami menjadi panitia, saya menjadi bagian dari tim yang mempersembahkan musik¬†ansambel. Saat itu kami berencana untuk menyatukan alat musik tradisional dengan alat musik modern. Setelah berdiskusi panjang, terpilihlah lagu “Lough Erin Shore” oleh The Corrs sebagai persembahan kami.

Lough Erin Shore merupakan lagu instrumental tanpa lirik. Judul lagu ini diambil dari nama danau terbesar di Irlandia Utara, yaitu Lough Erne. Erin sendiri merupakan nama lain dari Irlandia. Jadi, lagu ini bermakna “dataran di samping danau Lough Erne” dan nadanya menggambarkan suasana di tempat itu. [1]

Kembali ke acara pagelaran, hari penentuan siswa dan alat musik yang dimainkan pun tiba. Sesuai dengan posisi masing-masing, hari demi hari kami berlatih untuk menyelaraskan dan menyeimbangkan alunan musik. Mendekati waktu tampil, muncullah ide yang menyebabkan proyek candi ini terjadi.

Dikarenakan dasar dari lagu ini menggunakan biola, salah satu dari kami mengusulkan untuk menambahkan biola sebagai salah satu instrumen yang akan dimainkan. Karena waktu sudah dekat dan tidak ada yang bisa memainkan biola, alhasil kami saling tunjuk-menunjuk siapa yang akan memainkan instrumen baru ini. Untungnya rekan kami Renny Limboki mengajukan diri untuk berlatih memainkan biola. Dengan dipandu oleh Ibu Rahma, guru seni kami saat itu, dan guru PPL yang menyediakan biola, Renny berlatih dari pagi hingga malam agar dapat memainkan biola dengan lancar.

Dengan tekad yang bulat, Renny berhasil memainkan biola dengan alunan yang indah dalam waktu yang singkat. Proses penyatuan biola dengan instrumen yang lain bisa kami lakukan walaupun awalnya penuh hambatan. Kami pun berhasil memukau penonton dengan penampilan kami. Saya sangat bangga dengan teman saya Renny dan juga tim atas pencapaian ini. Dari Renny saya belajar, jika memang niat untuk melakukan sesuatu dan berusaha untuk mencapai tujuan, maka kita akan mendapatkan hasil yang bahkan bisa melebihi ekspektasi.

Baca Juga: TV Tabung

Sumber:
[1] https://qa.answers.com/Q/What_does_Lough_Erin_Shore_mean

Penulis & Gambar: Himmatul Azizah
Ilustrasi: Uli’ Why
Editor: Irfani Sakinah

2 comments

Leave a Reply