Termokimia dan SmudamaTermokimia dan Smudama

Termokimia, cabang ilmu kimia yang mempelajari energi/kalor yang menyertai perubahan fisika atau reaksi kimia, demikian kata Wikipedia. Umumnya, siswa SMA akan mengalami paparan pertama di kelas XI semester awal. Saat mempelajari termokimia, salah satu konsep awal yang kita perlu ketahui adalah tentang sistem dan lingkungan.

Sekali lagi mari menggunakan kata-kata dari Wikipedia. “Sistem adalah segala sesuatu yang menjadi pusat perhatian. Sistem merupakan bagian yang sedang diamati perubahan energinya. Misalnya dalam pengamatan proses pelarutan garam dapur dalam air, maka garam dapur dan air merupakan sistem. Lingkungan merupakan bagian di luar sistem. Contohnya dalam proses pelarutan garam dapur tersebut, maka selain garam dapur dan air merupakan lingkungan, misalnya udara di sekitarnya.”

Sekarang menggunakan kata yang sangat sering kita jumpai saat mengerjakan soal fisika atau kimia yaitu “asumsikan”. Kita asumsikan bahwa setiap manusia menjadikan dirinya sendiri sebagai pusat perhatian. Dalam rentang waktu 3 tahun selama kita mengeyam pendidikan di bangku SMA, kita bisa mengumpamakan diri kira sebagai sistem. Otomatis segala sesuatu yang bukan kita, teman-teman angkatan, kakak dan adik kelas, guru, dan staf di sekolah, bahkan sandal yang banyak pemiliknya adalah lingkungan.

Lingkungan bernama Smudama dengan pelajaran tentang kehidupan di setiap sudutnya, lingkungan yang menempa kita dengan segala kelebihan dan kekurangannya, lingkungan yang menjadikan semua hal-hal kecil menjadi kenangan. Lingkungan yang membuat kita bersyukur pernah singgah di sana.

Pada akhirnya, semua yang tertulis di atas adalah asumsi dari sudut pandang saya, sebagaimana saya adalah pusat perhatian dari pengamatan saya, orang lain punya kisah lain dari sudut pandang mereka. Tapi saya yakin hampir semua orang yang pernah merasakan 3 tahun di “Bumi Andalan” akan setuju bahwa interaksi mereka dengan lingkungan Smudama membawa perubahan positif kepada sistem. Hal yang kita semua harapkan untuk bisa berlanjut terus di usia Smudama yang telah beranjak seperempat abad ini, hingga nanti.

Penulis : Somnus
Ilustrasi : Uli’ Why
Editor : Faudzan Farhana
Gambar : Youtube Smudama, kaskus.co.id, idntimes.com

One thought on “Termokimia dan Sebuah Harap di Ulang Tahun SMUDAMA”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!